rss
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

4.4.10

Franz Boas


Franz Boas (9 Juli 1858 - 21 Desember 1942)
Seorang antropolog Amerika Jerman dan pelopor antropologi modern yang telah disebut sebagai "Bapak dari Amerika Antropologi". Ia menerima gelar doktornya dalam bidang fisika, dan melakukan pekerjaan post-doktoral di geografi. Dia terkenal untuk menerapkan metode ilmiah untuk mempelajari budaya manusia dan masyarakat, bidang yang sebelumnya didasarkan pada perumusan teori-teori besar sekitar pengetahuan lokal.
Dalam bukunya yang berjudul The Maind of Primitive Man (1911), ia menegaskan dirinya menentang rasialisme dengan mengeluarkan argumen bahwa variasi dari fenotipe dalam sebuah ras tidak dapat dijadikan justifikasi untuk melihat  tingkatan kemajuan suku bangsa (ethnocentrism) sebagai yang terbelakang (inferior) dan suku bangsa yang cukup maju (superior).
Boas juga mempublikasikan kritikannya terhadap berbagai tuduhan terhadap kebudayaan terbelakang (rasialisme) dalam artikel yang berjudul The Limitations of The Comparative Method of Anthropology (1896). Konsepnya mengenai relativisme kebudayaan (cultral relativism) berhasil mengibarkan namanya di bidang antropologi. Menurut Boas dalam prinsip relativisme kebudayaan, bahwa semua kebudayaan adalah sama dan dapat dibandingkan antara satu dengan yang lainnya, sehingga tidak ada bagi Boas yang disebut kebudayaan terbelakang atau maju. Semua kebudayaan harus dipandang sebagai dirinya sendiri.
Dalam pertemuan AAA, Boas mendorong "empat bidang" konsep antropologi, ia secara pribadi memberikan kontribusi terhadap antropologi fisik, linguistik, arkeologi, serta antropologi budaya. Karyanya di bidang ini adalah perintis: dalam antropologi fisik ia memimpin sarjana dari klasifikasi taksonomi statis ras, untuk penekanan pada biologi manusia dan evolusi; dalam linguistik ia menerobos keterbatasan filologi klasik dan mendirikan beberapa masalah sentral dalam modern linguistik dan antropologi kognitif, dalam antropologi budaya dia (bersama dengan Bronisław antropolog Malinowski) mencoba mendirikan pendekatan kontekstualis dengan budaya, relativisme budaya, dan peserta-metode observasi lapangan.
Boas berpendapat bahwa untuk memahami "apa yang" - dalam antropologi budaya, ciri-ciri budaya tertentu (perilaku, kepercayaan, dan simbol) - orang harus memeriksa mereka dalam konteks lokal mereka. Dia juga memahami bahwa sebagai orang bermigrasi dari satu tempat ke tempat lain, dan karena perubahan konteks budaya dari waktu ke waktu, unsur-unsur budaya, dan makna mereka, akan berubah, yang membuatnya menekankan pentingnya sejarah lokal untuk analisa budaya.
Meskipun antropolog lain pada saat itu, seperti Bronisław Malinowski dan  Radcliffe-Brown berfokus pada studi masyarakat, yang mereka mengerti dengan jelas dibatasi, perhatian Boas untuk sejarah, yang menunjukkan sejauh mana sifat-sifat menyebar dari satu tempat ke tempat lain , membimbingnya untuk melihat batas-batas budaya sebagai ganda dan tumpang tindih. Boas dan murid-muridnya memahami bahwa saat masyarakat mencoba untuk memahami dunia mereka, mereka berusaha untuk mengintegrasikan elemen berbeda, dengan hasil bahwa budaya yang berbeda dapat dicirikan sebagai memiliki konfigurasi yang berbeda atau pola. Tapi Boasians juga mengerti bahwa integrasi tersebut selalu dalam ketegangan dengan difusi, dan setiap tampilan konfigurasi yang stabil adalah kontingen.
Alfred Kroeber muridnya menyimpulkan prinsip-prinsip empirisme yang mendefinisikan antropologi sebagai ilmu Boasian:
1.       Metode ilmu pengetahuan adalah mulai dengan pertanyaan, tidak dengan jawaban, apalagi dengan pertimbangan nilai.
2.      Ilmu adalah penyelidikan tidak memihak dan karenanya tidak dapat mengambil alih langsung setiap ideologi "sudah dirumuskan dalam kehidupan sehari-hari," karena ini sendiri pasti tradisional dan biasanya diwarnai dengan prasangka emosional.
3.      Menyapu semua-atau-tidak, penilaian hitam-putih merupakan ciri khas dari sikap kategoris dan tidak punya tempat dalam ilmu pengetahuan, yang sangat alam dapat disimpulkan dan bijaksana.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

jadi, faktor2 apa yg mempengaruhi kebudayaan menurut franz boas?
contoh kebudayaan nilai dan realistisnya apa?
masalah kebudayaan dan ilmu kebudayaan bedaya apa?
trims...

man jadda wajada mengatakan...

Thanks atas informasinya tentang Frans Boas..!

Andi Yusuf mengatakan...

Kalau dalam beberapa tulisan yang menelaah pemikiran Franz Boas, pemikirannya cenderung medorong pendekatan relativisme budaya melalui perpektif evolusionis. Namun dalam perjalanan pendekatannya sudah banyak ditentang, dan hanya menjadi bagian dari sejarah teori antropologi (walaupun beberapa penulis tetap menggunakan teorinya untuk landasan teori-teori evolusi). Nah untuk konteks masyarakat kekinian, dengan asumsi realitas globalisasi maka akan cukup rumit menjadikan pendekatan Boaz dalam mengkaji berbagai perubahan masyarakat masa kini.

Masalah Kebudayaan dan Ilmu Kebudayaan sama sekali tidak memiliki perbedaan, tetap posisi keduanya dalam melihat fenomena kebudayaan secara keseluruhan.

Posting Komentar